Minggu, 29 Agustus 2010

birrul walidain seorang istri.

Kemarin, berangkat maghrib, seperti biasa, ane jalan kaki. tiba-tiba sbuah sepeda motor berhenti, yang empunya menawari tumpangan.
ane naik, wah, bapak ini, wangi, ganteng, berbaju gamis dan jenggotnya terawat.

"bapak tinggal di mana ya?"
"kilometer 6."
"wah, jauh ya pak?"
"saya cuma lagi di tempat mertua, istri saya mbantuin orang tuanya."
"mbantuin ngapain pak? ada acara gitu?"
"nggak, mertua saya jualan lontong."
"lontong emak?"
"iya, anaknya itu istri saya" ane jadi ingat seorang jilbaber yang sering mbantuin emak(ibu yang jualan lontong), jadi bapak ini suaminya...


wah, ane jadi inget sama ibu itu, yang jualan lontong, macam-macam. lontong sayur(gulai), lontong pecel, nasi goreng, dll. lontongnya enak, dan murah, bisa dibandingkan, untuk sepiring lontong porsi dewasa (kalau jualan buat anak-anak sekolah dasar pasti beda porsinya, kan?), harganya cuma Rp.3000. dan nasi goreng yang Rp.5000, ane harus berdua untuk menghabiskannya.

jualan lontongnya nanti aja ya...

ane pernah baca hadits...

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لأَحَدٍ لأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا ».

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Andai boleh kuperintahkan seseorang untuk bersujud kepada yang lain tentu kuperintahkan seorang istri untuk bersujud kepada suaminya” (HR Tirmidzi no 1159, dinilai oleh al Albani sebagai hadits hasan shahih).

Pasti bahagia sekali ibu jilbaber itu, birrul walidainnya tak terhalang, bahkan didukung oleh suaminya...



10 komentar:

  1. :) rindu mendapatkan istri seperti itu ya Yu ?
    :) sama

    BalasHapus
  2. nanya lagi nih mas :D birrul walidain apa yah? maap nanya mulu... hehe

    BalasHapus
  3. Birulwalidain arti indonesianya kira2 adalah berbakti pd kedua org tua..

    BalasHapus
  4. ooh i c... makasi ilmunya bundananda :)

    BalasHapus
  5. Bener bunda.
    Nah, akh hai, insyaAllah. Hehe
    bukan mupeng sama istrinya, bunda. tapi sama bapak gantengnya... (nah, lho?!)
    Iya, seringnya pada bentrok kan? Istri apa ortu, suami apa ortu? masing-masing, kan ada hadits nya tuh. Kalo antara istri sama ortu, search deh riwayat al qomah.
    lha alangkah gitu lho, alangkah indahnya kalo nggak berbenturan, antara birrul walidain, sama ta'at ke suami. Sejalan antara birrul walidain, sama sayang istri. Gimana? Setuju?

    BalasHapus
  6. Itu bapak baik banget, kan? nganterin istrinya buat birrul walidain?
    *balas senyum mbak mifta ah... ^_^

    BalasHapus
  7. nice post akh bayu, like dis ^^d

    BalasHapus

Karena rumput tetangga lebih hijau. (5)

Saya pun bercerita pada istri, kesenangan sesaat saya, ke-nelangsa-an saya, dan itsar! *gedubrak.. Istri hanya tersenyum karena kekonyolan i...